mau band kamu ada disini? atau lagumu dishare disini? GRATIS....!!! buat anak band yang dah punya lagu sendiri n pengen dishare ke temen-temen laen, disini tempatnya...

ikuti aturan mainnya:
1. kirimkan lagu jadi dengan audio mixing yang normal dilengkapi dengan profil band via email ke: deditsabit@gmail.com
2. beri judul emailnya dengan nama "BAND"
3. konfirmasikan pengiriman via chatbox yang tersedia di sebelah kiri
4. ditunggu hingga proses penyuntingan selesai untuk diluncurkan...

jika ada perubahan dengan lagu, data atau lagunya tidak ingin dipublikasikan di blog ini lagi, segera hubungi admin, atas kerjasamanya kami sampaikan terima kasih dan salam tiga jari untuk mengharumkan citra musik Indonesia...

Photobucket

Post

Trik Membuat Lagu

1. Skill Musik yang terlatih
 Jelas, skill musik merupakan faktor utama dalam menciptakan lagu. Bagaimana bisa orang yang bernyanyi saja sumbang bisa menciptakan sebuah nyanyian lagu yang merdu? Atau minimal si musisi mengerti nada-nada musik yang bisa dia mainkan di piano, gitar, dan sebagainya.

Perlu waktu yang lama dalam mempelajari musik. Sehingga wajar banyak orang menyarankan untuk belajar musik dari kecil. Tapi sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar musik, jangan pernah merasa telat karena melihat umur, pada intinya kita bemain musik karena memang di situlah jiwa kita sebenarnya.

Jadi, satu hal yang paling penting untuk direnungkan terlebih dahulu sebelum membuat sebuah karya musik adalah, benarkah musik adalah jiwa Anda sesungguhnya? Orang yang belajar musik dari kecil pun tidak dijamin menjadi musisi yang baik, kalau ternyata jiwanya tidak disitu.


2. Mood dan Psikologi

Ada yang beranggapan bahwa musik adalah pelajaran psikologi. Setiap karya yang kita buat benar-benar mencerminkan siapa kita sebenarnya. Musik adalah makhluk yang jujur seperti cermin yang selalu memperlihatkan seperti kita apa adanya.

Oleh karena itu, jangan membuang-buang waktu untuk membuat lagu ketika perasaan hati Anda tidak enak, jangan memaksakan diri. Atur dulu mood anda, baru keluarkan dalam bentuk karya musik. Jika anda dalam keadaan senang dan bangga pada diri anda, maka lagu yang terciptapun akan menyenangkan dan membanggakan buat diri anda. Begitupun sebaliknya.


3. Lingkungan

Lingkungan sangat erat berhubungan dengan mood dan psikologi. Tentu saja dengan berada di lingkungan yang menyenangkan anda bisa lebih produktif dalam membuat lagu. Orang yang sedang kasmaran, misalnya, tentu dia bisa membuat lagu yang menggugah perasaan dia. Rasa kasmaran seperti itu timbul dari lingkungan anda yang hasratnya selalu didampingi oleh kekasih tercinta.

Jadi, jika anda seorang seniman sejati, anda harus bisa mensyukuri setiap hal yang terjadi di sekitar anda. seorang seniman memiliki kepekaan yang tinggi dalam mengapresiasikan semua hal yang didengar, dilihat, dan dirasakan.


4. Mendengarkan karya musik orang lain

Ini adalah salah satu bagian yang mutlak harus ada dalam membuat lagu. Lagu-lagu yang kita dengar merupakan inspirasi yang membentuk karakter musik kita, membuat kita memiliki ciri khas yang berbeda dengan orang lain. Hal ini bisa disebut jalan pintas dalam membuat lagu, karena seringnya orang dengan mudah meniru karya lagu orang lain.


Sumber : TRIYUWONO/ Global/ Medan
Edisi : Sabtu, 20092008

cek band/ daerahmu disini:

bali, bandung, bogor, bojonegoro, depok, jakarta, jember, kudus, lumajang, makassar, malang, pamekasan, probolinggo, purwokerto, semarang, situbondo, sumenep, surabaya, tangerang, dll.
supported by deditsabit